Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 

Kamis, 14 Februari 2013

MENGENALI AIB DIRI

0 komentar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Jika Allah SWT. menghendaki kebaikan pada diri hambaNya, Ia akan menjadikan hamba itu mampu mengenali aib yang ada di dalam dirinya.  Sebab orang yang mata hatinya terbuka, tidak ada aib yang tersembunyi darinya. Dengan mengenali aib sendiri, mudahlah baginya untuk memperbaikinya.

Ada 4 cara untuk mengenali aib atau kelemahan diri sendiri  yaitu :

1.    Hendaklah ia menemui seorang syaikh yang mampu mengenali kelemahan-kelemahan jiwa, mampu melihat sifat-sifat buruk yang tersembunyi.

2.    Hendaklah ia mencari seorang sahabat sejati, yang mempunyai mata hati dan beragama. Lalu meminta kesediannya untuk mencermati keadaan dirinya dan memperhatikan sifat-sifat maupun perilakunya. Setiap kali didapati peringai, perilaku dan keburukan-keburukannya, baik lahir maupun batin, ia bersedia memperingatkannya. Setiap orang yang cerdas dan bermartabat tentu merupakan orang yang rendah hati dan selalu melakukan introspeksi.

3.    Menarik pelajaran mengenai aib jiwa dari pernyataan musuh-musuh. Sebab sesungguhnya mata benci akan menyingkap keburukan-keburukan. Setiap manusia hendaknya mampu memetik pelajaran dari musuh yang kritis yang mau menyingkapkan kelemahan-  kelemahannya daripada seorang teman penjilat yang hanya gemar memuji dan menyanjung saja, bahkan seringkali menyembunyikan kelemahan-kelemahan yang ada dalam dirinya.

4.    Hendaklah berbaur dengan masyarakat. Kemudian setiap keburukan yang dilihatnya pada masyarakat, dijadikan sebagai bahan introspeksi seolah-olah keburukan itu juga ada pada dirinya. Dengan demikian ia dapat berusaha memperbaikinya.

 Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
  
Pustaka :
-   Al Ghazali, Metode Menaklukkan Jiwa Perspektif Sufistik, Mizan, 2001.              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar