Pages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 

Kamis, 14 Februari 2013

AMAL SETARA HAJI DAN UMRAH

0 komentar


    
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

”(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah takwa dan bertakwalah kepadaKu hai orang-orang yang berakal’ (Al Baqarah : 197).

Allah menciptakan rasa cinta kepada Baitullah dalam hati-hati hambanya, namun tidak semua orang bisa berkunjung kesana, maka melalui Rasulullah SAW,  Allah mensyariatkan amalan-amalan tertentu yang jika dilakukan secara kontinu dengan niat yang benar, ia akan mendapat pahala yang setara dengan pahala haji dan umrah.

Imam Thabrani meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : ”Sesungguhnya, Allah memiliki karunia-karunia pada hari-hari dalam usia kalian, maka raihlah karunia-karunia itu. Semoga seseorang dari kalian mendapat karunia itu sehingga ia tidak akan sengsara setelah itu selamanya” (HR. Muhammad bin Maslamah).

”Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun; tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga)” (QS Saba : 37).

Abu Hurairah berkata bahwa  Rasulullah SAW bersabda, ”sesungguhnya, Allah tidak melihat bentuk fisik dan harta kalian, tapi melihat hati dan amal perbuatan kalian” .

KEUTAMAAN HAJI DAN UMRAH
1.    Haji
  1. Pelebur dosa masa lalu.
  2. Termasuk amal kebaikan yang utama.
  3. Jama’ah haji dan umrah adalah tamu Allah SWT.
  4. Termasuk jihad yang paling besar.
  5. Melimpahnya pahala.
  6. Bapak segala ibadah.
2.    Umrah
  1. Peleburan kefakiran dan dosa.
  2. Jaminan perlindungan dari Allah SWT.
  3. Menghapuskan dosa diantara 2 umrah.
  4. Berhaji bersama Rasulullah SAW.
  5. Pahalanya sesuai kadar kepayahan dan biaya.

AMALAN SETARA HAJI DAN UMRAH

1.   Zikir Setelah Shalat
Imam Bukhari meriwayatkan dari Hadits Abu Hurairah ra, “Orang-orang fakir menemui Rasulullah SAW. Mereka berkata, “Orang-orang kaya membawa pergi derajat-derajat tinggi dan kenikmatan abadi, mereka shalat seperti halnya kami, mereka puasa seperti halnya kami, namun mereka memiliki kelebihan harta. Dengan harta itu mereka bisa haji, umrah, berjihad, dan bersedekah”.

Beliau bersabda, “Maukah kalian aku beritahu sesuatu yang jika kalian laksanakan, kalian akan menyusul orang yang mendahului kalian dan tidak akan ada seorangpun yang bisa menyusul kalian. Kalian adalah orang-orang terbaik yang ada diantaranya, kecuali orang yang melakukan amalan sepertinya; ucapkan tasbih, tahmid dan takbir seusai shalat sebanyak 33 kali”.

Setelah itu, kami berbeda pandangan. Sebagian dari kami berkata, “Bertasbih 33 kali, bertahmid sebanyak 33 dan bertakbir sebanyak 33 kali”.

Akhirnya, aku kembali menemui Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Ucapkan, “Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar,” hingga masing-masing mencapai 33 kali” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah). 

2.   Shalat Subuh Berjama’ah, Zikir Hingga Matahari Terbit kemudian Shalat 2 Raka’at
Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berzikir mengingat Allah hingga matahari terbit, setelah itu shalat dua raka’at, amalan itu baginya sama seperti pahala haji dan umrah” (HR. Tarmidzi).

3.   Berjalan Ke Mesjid
Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa keluar dari rumah dengan bersuci untuk menghadiri shalat wajib, pahalanya seperti pahala pelaksana haji yang berihram. Dan barangsiapa pergi ke mesjid untuk Shalat Dhuha, tiada yang mendorongnya selain untuk keperluan itu, pahalanya seperti pahala pelaksana umrah. Dan shalat setelah shalat berikutnya tanpa perbuatan sia-sia diantaranya akan dicatat dalam ‘Illiyyin” (HR. Abu Dawud).

“Barangsiapa berjalan menuju masjid untuk shalat wajib secara jama’ah, maka itu setara dengan haji. Dan barang siapa berjalan (menuju masjid) untuk shalat sunnah, maka itu setara dengan umrah sunnah” (HR. Thabrani dan Ahmad dari Abu Umamah).

4.   Berbakti Kepada Kedua Orangtua
Disebutkan dalam hadits dari Anas bin Malik, “Ada seseorang yang dating menghampiri Rasulullah SAW, lalu berkata, “Sesungguhnya, aku sangat ingin berjihad namun aku tidak mampu”. Rasulullah SAW bertanya, “Apa salah satu dari kedua orang tuamu masih ada?” Orang itu menjawab ,”(Ya) Ibuku”. Rasulullah SAW bersabda : “Menghadaplah kepada Allah SWT dengan berbakti kepadanya. Bila kau melakukan itu maka kau (seperti) orang yang melaksanakan haji, umrah, dan jihad” (HR. Abu Ya’la dan Thabrani).

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Daftar Pustaka :
1.     Sukmadjaja Asyarie – Rosy Yusuf, Indeks Al Qur’an, Penerbit Pustaka, 2003.
2.     Husain bin Mahmud Shadiq, Amal Setara Haji & Umrah,Aqwam Jembatan Ilmu, 2011.  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar